Pendampingan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi Usaha Olahan Ikan Lele Di Kecamatan Sepatan, Tangerang Dalam Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Usaha

Authors

  • Etty Murwaningsari Universitas Trisakti
  • Deni Darmawati Universitas Trisakti
  • Sofie Universitas Trisakti
  • Sistya Rachmawati Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.9999/jocosae.v2i4.126

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para pemilik usaha olahan lele alumni Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova tetang perhitungan harga pokok produksi. Para pengusaha olahan lele belum memiliki pemaahaman tentang cara perhitungan harga pokok produksi yang benar. Harga pokok produksi sangat diperlukan sebagai dasar perhitungan harga jual. sehingga pengeloan usaha dapat berjalan dengan baik. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pelatihan dan pendampingan yang dilakukan secara daring maupun luring yang meliputi ceramah, diskusi dan tanya jawab dan dilanjutkan dengan pendampingan perhitangan harga pokok produksi olahan ikan lele, Terdapat 6 (enam) pengusaha ikan lele yang mengikuti kegiatan ini. Pelaksanaan kegiatan PkM telah memberikan pemahaman tentang penghitungan harga pokok produksi sederhana yang diperlukan oleh para pengusaha pemula olahan ikan lele. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terlihat adanya peningkatan pemahaman tentang jenis-jenis biaya, perhitungan harga pokok produksi, dan penentuan harga jual, dari sebesar 20,83% peserta yang paham saat pretest menjadi 100% peserta yang paham saat posttest. Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan kepada para peserta PkM, terlihat bahwa secara umum peserta sangat puas dengan kegiatan PkM yang telah diselenggarakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsjah, R. J.; Banjarnahor, E; Pohan, H.T; dan Nugroho, H.A. (2022). Pelatihan Menyusun Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP dan Analisis Laporan Keuangan Bagi UMKM. Jurnal Abdikaryasakti, Vol.2., No. 1April 2022: 61-74.

Dunia, F. A., dan Abdullah, W. (2012). Akuntansi Biaya. (E. S. Suharsi, Ed.) (3rd ed.). Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya. Edisi ke-5. Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta: STIM KPN.

Muniroh, H., dan Istanti, S. L. W. (2020). Pendampingan Usaha Kelompok Tani Ternak Sapi “Subur” Desa Meteseh Kecamatan Kaliori. Buletin Abdi Masyarakat, 1(1).

Purwanti, E. (2018). Analisis Pengetahuan Laporan Keuangan pada UMKM industri konveksi di Salatiga. Among Makarti, 10(2).

Santoso, A; Sulistyawati, A. I; dan Wahdi, N.S. (2021). Pemberdayaan UMK Melalui Penyuluhan Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Abdikaryasakti, Vol. 1, No. 2 Oktober 2021: 99-106.

Soeharjoto; Harmainai; Santoso, B.; dan Wiyono, S. (2020). Peningkatan Enterpreuner dan Koperasi di Sekolah Kewirausahaan Cordova Bina Amanah, Jurang Mangu. Jurnal Pengabdian Barelang, Volume 2, Nomor 1: 13-19.

Zulkipli dan Muharir. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah, Vol. 1, No. 1, Maret: 7-12.

pkm

Published

2022-07-06

How to Cite

Murwaningsari, E. ., Darmawati, D., Sofie, S., & Rachmawati, S. . (2022). Pendampingan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi Usaha Olahan Ikan Lele Di Kecamatan Sepatan, Tangerang Dalam Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Usaha. Journal of Community Service and Engagement, 2(4), 42–48. https://doi.org/10.9999/jocosae.v2i4.126

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)