Sosialisasi Membangun Kesadaran Literasi Keuangan Pada Pemuda Karang Taruna RW 07 Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat Timur

Authors

  • Viniyati Maftuchach STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Abdul Rahman STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Supriatiningsih STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Hidayat Darwis STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Ilza Febrina STIE Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.9999/jocosae.v1i03.26

Keywords:

Sosialisasi, Kesadaran, Literasi Keuangan, Karang Taruna

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kesadaran literasi keuangan pada generasi milenial, khususnya pada remaja karang taruna RW 07, Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, dan memberikan pengetahuan tentang mengelola keuangan sejak dini pada generasi millennial, sehingga diharapkan saat usia dewasa kelak, para  remaja karang taruna RW 07, Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat memiliki strategi keuangan yang baik dan memiliki kemampuan untuk meraih kesuksesan. Fenomena saat ini perilaku generasi millennial yang mengedepankan pola hidup konsumtif (lifestyle) yang tidak sesuai dengan pendapatan yang diperoleh, yang pada akhirnya akan menyebabkan mengalami latte factor (kebiasan receh), selain itu, kehidupan  remaja saat ini, sangat dimanja oleh fasilitas teknologi yang berkembang pesat, sehingga mengurangi ruang sosialisasi dan komunikasi di masyarakat.  Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pemberian materi secara tatap muka, peserta dapat bertanya secara langsung dengan tetap menjaga prosedur kesehatan yang ketat di masa pandemi ini.  Pada akhir kegiatan dilakukan dengan sesi tanya jawab sebagai bentuk evaluasi atas pemahaman materi yang telah disampaikan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini, para peserta merasa mampu mengelola keuangannya menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arrochman, I. (2020). Menyiapkan Generasi Berkualitas Di Era Milineal Dalam Prespektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(01), 15–27.

Chaerunnisa, Yusup, D. K., Jubaedah, D., & Saepullah, U. (2020). Pengaruh Income dan Latte Factor Terhadap Daya Tahan Keuangan Kalangan Millenial di Kota Bandung , Jawa Barat , Indonesia. Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati, 1(1), 1–11.

Darmawan, D., Syah, R., Putra, A. S., Sari, D. N., & Fauziyah, H. (2020). Pengaruh pelatihan keuangan, organisasi, dan intensitas belanja online terhadap kemampuan literasi keuangan masyarakat milenial. Pendidikan Masyarakat, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 1(October).

Sariati, N. P. (2019). Lifestyle Generasi Millenial dalam Kerangka Pasar Ekonomi Halal. Istithmar, 3(2), 193–210.

Published

2021-12-24

How to Cite

Maftuchach, V., Rahman, A., Supriatiningsih, Darwis, H., & Febrina, I. (2021). Sosialisasi Membangun Kesadaran Literasi Keuangan Pada Pemuda Karang Taruna RW 07 Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat Timur. Journal of Community Service and Engagement, 1(03), 21–25. https://doi.org/10.9999/jocosae.v1i03.26